Selasa, 04 Juni 2013

Indonesia Kekurangan Ahli Anatomi Kayu

Setiap jenis kayu mempunyai keunggulan, tergantung pemanfaatannya. Sebab, kayu Indonesia berbeda sifat dan karakter, seperti warna alami kayu yang bervariasi, dari hitam sampai putih pucat serta kemerahan. "Karakter lain yang berperan adalah susunan pori. Masing-masing jenis berbeda," kata Putera.


Untuk itu, pihak Pustekolah berpendapat bahwa semua jenis kayu perlu dikenal agar memudahkan orang mengetahui cara pemanfaatan dan kegunaannya. Selain itu, anatomi kayu dapat menunjukkan jenis dan asal kayu. Ini diperlukan untuk melindungi pohon yang langka dan dilarang ditebang, misalnya jenis kayu ulin. Kayu asal hutan Kalimantan ini memiliki kekuatan lebih dahsyat dibandingkan besi.



"Dari segi kekuatan kayu ulin, besi pun kalah. Kayu ini diambil dari alam di Kalimantan. Pohon dapat dipanen setelah berumur minimal 100 tahun," Putera menjelaskan. "Kayu ulin sudah langka, jadi dilarang keluar dari Kalimantan. Sekarang makin sulit menemukannya."


Namun masyarakat enggan menanam pohon ulin karena waktu pemanenan yang lama. Padahal, dari sisi kekuatan, jenis kayu ini paling hebat dibanding jenis kayu lain. Kini populasi pohon ulin di Kalimantan semakin langka sehingga pemerintah daerah melarang jenis kayu ini keluar dari daerah setempat. "Tugas pemerintah yang melestarikannya dengan masuk program penanaman satu miliar pohon itu."


Dalam acara itu juga dideklarasikan asosiasi anatomiwan kayu Indonesia. Para anatomiwan kayu ini tak hanya mampu menganalisis jenis kayu baru, tapi juga yang sudah berbentuk arang, bahkan fosil. Para ahli anatomi dapat mengetahui jenis kayu dan umur kayu yang sudah menjadi fosil. ARIHTA U. SURBAKTI

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Indonesia Kekurangan Ahli Anatomi Kayu

0 komentar:

Posting Komentar


-Kami tidak akan segan-segan menghapus komentar anda jika tidak berhubungan dengan artikel.
-Dilarang keras berkomentar dengan live lnik (akan dihapus).
-Komentar yang membangun sangat kami harapkan Untuk memajukan blog ini.